Search

Kamis, 26 September 2013

SEPUTAR MULTIMEDIA APLIKASI

DESIGN GRAFIS 
Sudut pandang para pakar :
Jessica Helfand mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar,angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang menggabungkan beberapa elemen,sehingga menghasilkan sesuatu yang khusus,sangat bermanfaat atau subversif atau sesuatu yang mudah di ingat.
Danton Sihombing,desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka,simbol,uraian verbal yang divisualisasikan lewat fotografi dan gambar baik dengan teknik fotografi/ilustrasi.

DEFINISI DESIGN GRAFIS
adalah salah satu bentuk seni lukis terapan yang memberikan kebebasan kepada designer untuk memilih,menciptakan, dan mengatur elemen-elemen rupa seperti ilustrasi,foto,tulisan maupun garis di atas permukaan.

Tujuan Desain Grafis : merupakan cara berkomunikasi dalam bentuk visual yang menggunakan fasilitas gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seeffective mungkin.

Manfaat yang bisa di ambil antara lain :
  1. Mempercepat proses pekerjaan dengan penyajian dalam bentuk visual dan grafis.
  2. Memperkenalkan dunia design grafis kepada masyarakat (secara umum) sehingga dapat di implementasikan di dalam lingkungannya.
  3. Memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang program aplikasi design grafis.
  4. Mempersiapkan generasi muda agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis.
Secara umum,desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategory antara-lain :
  • Printing (percetakan),memuat desain buku,majalah,poster,booklet,leaflet,flyer,pamflet,periklanan dan publikasi yang sejenis.
  • Web design,memuat desain halaman web.
  • Identifikasi (Logo),EGD (Environment Design Graphic), mencakup design grafis,desain arsitek dan desain industri.
  • Desain produk,pemaketan dan sejenisnya.
  • Film (Perfilman) memuat desain cover DVD,CD dan CD Multimedia.
ELEMEN DESIGN GRAFIS
Elemen design : Alat yang nyata dalam menwujudkan prinsip-prinsip design.
Elemen design antara lain berupa : garis,bentuk,ukuran,warna dan tekstur.

Garis adalah sekumpulan titik yang berdampingan secara memanjang dan memmiliki dua buah ujung. Pada dasarnya garis tercipta karena ilusi optik,yang tercipta dari perbedaan warna,jarak dan cahaya.Bentuk garis berupa vertikal,horizontal,diagonal dan kurva.

Bentuk merupakan suatu bidang yang ada karena dibatasi oleh sebuah kontur atau garis atau bisa juga dibatasi oleh warna yang berbeda yang menyebabkan adanya pembentukan tekstur.Bentuk dibedakan menjadi 3 macam : karakter,simbol dan bentuk.

Ruang digunakan untuk menjelaskan atau menegaskan keberadaan persepsi kedalaman atau jarak sehingga seolah-olah terlihat oleh indera penglihatan mata,objek terasa jauh dan dekat,tinggi dan rendah,kosong dan padat.

Tekstur elemen desain yang terlihat seolah-olah ada rasa permukaan yang dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk rupa fisik,seperti kusam,kasar,mengkilap dan sebagainya.

Warna merupakan indikator pembeda antara satu objek dengan objek yang lain.
 

1 komentar:

  1. saya kurang paham nih gan soal yang beginian , boleh ajarin engga ? heheh

    BalasHapus